The Switch (Tertukar)

Tittle                    :               The Switch (Tertukar)

Author                 :               Sandra Brown

Genre                   :               Suspense

Penerbit              :               Gramedia

Size                       :               11 x 18 cm

Release                :               2000

Characters          :               Gillian Lloyd, Melina Lloyd, Chief Hart, Jem Hennings

Setting                 :               United States (Dallas, Texas, New Mexico)

Status            :           Read

Buy Date             :               August 08, 2009

 

Sinopsis:

Pernahkah terbayang bahwa kematian akan datang secara brutal?

Pernahkah terbayang bahwa seseorang dijelang maut karena si eksekutor salah membunuh?

Itulah yang dialami oleh Gillian dan Melina, kembar identik dari Dallas. Malam itu, keduanya setuju bertukar tempat. Gillian menggantikan tugas Mellina sebagai media escort, untuk menemani Kolonel Hart, astronot NASA terkenal. Namun keesokan paginya, Gillian ditemukan tewas di rumahnya. Ia dibunuh dengan sangat brutal. Di dinding kamar, dengan darah Gillian sendiri, si pembunuh mengejeknya sebagai pelacur karena berkencan dengan astronot blasteran Indian itu.

Melina shock, seharusnya dia yang mati, karena Gillian hanya menggantikan tugasnya. Karena itu dia bertekad mengungkap kasus ini dan mencari motivasi di baliknya. Bersama Kolonel Hart, ia menekuni jejak si pembunuh, sementara korban-korban terus berjatuhan di belakang mereka.

Penyelidikan itu mengantar Hart dan Melina ke ministry pimpinan Brother Gabriel, pengkhotbah tampan yang memiliki jemaat di hampir seluruh pelosok negeri, bahkan hingga ke luar negeri. Mampukah keduanya menembus kuil yang dijaga ketat dengan peralatan canggih tersebut? Mampukah Melina menemukan hubungan antara kematian saudara kembarnya dan apa yang sebetulnya terjadi di balik dinding ministry Brother Gabriel?

 

Pendapat:

Gak bisa dipungkiri kalau saya adalah penggemar Sandra Brown sejak pertama kali bukunya yang berjudul Indigo 22 Place sampai ke tangan saya entah beberapa tahun yang lalu. Sementara buku ini adalah buku kesekian beliau yang saya miliki.

Meskipun saya suka semua buku SB yang sekarang menjadi penghuni rak buku saya, kemampuan otak ini rasanya tidak selalu mumpuni untuk bisa mengingat-ngingat isi sejumlah buku. Sehingga sebelum memulai review buku ini saya harus membangkitkan beberapa ingatan dengan sedikit googling 😀

Gillian dan Melina, kembar identik yang suka berganti peran sejak kecil buat seru-seruan melakukannya hingga beranjak dewasa. Tapi kali ini pertukaran mereka tidak berjalan sesuai rencana, jatuh cinta secara instan kepada seorang astronot tampan yang punya darah keturunan indian yang sedang berlibur justru berakhir pada pembalasan dendam, pembunuhan serta misteri yang butuh banyak intrik untuk dipecahkan.

Plot cerita mengalir cukup cepat, dan cukup mudah untuk diprediksi bagaimana akhirnya. Walau begitu, misteri yang menyelimuti karakter si kembar sejak awal sangat membuat penasaran. Sandra Brown sepertinya cukup berhasil mengangkat tema tentang kembar identik yang bertukar tempat sementara salah satunya mendapat peristiwa buruk, meski sudah cukup banyak penulis lain yang mengangkat tema serupa.

Dalam beberapa bagian, ketika SB bisa saja langsung menyerahkan kenyataan di depan mata, beliau malah memilih membelot dari sugesti awal saya. Yang kebanyakan berakhir pada kekecewaan singkat. Karena apa yang saya harapkan dari karakter yang masih hidup tidak terpenuhi. Namun kembali lagi pada kenyataan bahwa SB adalah salah satu penulis terbaik di Amerika Serikat memaksa saya untuk percaya, bahwa SB lebih tahu apa yang harus ia berikan untuk para pembaca setianya. Sehingga sedikit kekurangan tersebut sama sekali bukan apa-apa.

Setidaknya bagi saya yang mencintai Sandra Brown menganggap buku ini adalah persembahan yang layak untuk di koleksi. Tak peduli sesering apapun tema tersebut di pakai, Sandra Brown selalu punya cara membuat saya penasaran di setiap lembarnya, sampai-sampai rasanya tak rela menutup halaman sebelum buku ini selesai.

 

Rating: 8/10

Leave Your Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s