[Profile] Shinhwa

Boysband ini didirikan oleh SM Entertainment pada tanggal 24 Maret 1998 dan masih ada hingga sekarang. Sehingga banyak pihak yang menilai Shinhwa adalah boysband korea yang paling eksis hingga saat ini karena usianya sudah 14 tahun, usia yang boleh jadi belum ada yang menandingi untuk ukuran Boysband Korea.

Shinhwa sendiri berarti mitos atau legenda (dan sekarang mereka benar-benar menjadi legenda) pertama kali debut di acara musik korea KM Music Tank dengan single pertama mereka Hae Gyul Sah (problem solver). Grup ini awalnya didirikan SM.Ent bersama H.OT, S.ES, dan Fly To The Sky. Mereka adalah pelopor gelombang grup muda yang dibentuk SM untuk menguasai industri musik korea.

Vokalis utama Shin Hye Sung adalah member pertama yang direkrut SM.Ent. kemudian secara berurutan Eric Mun (yang waktu itu masih berstatus warga negara AS), Andy Lee (awalnya dimasukkan dalam grup H.O.T & sempat ditentang orang tuanya masuk dunia kpop karena usia yang masih terlalu muda), Lee Min Woo (yang ditemukan SM pada kompetisi tari), Jun Jin (yang mendapat rekomendasi dari Kang Ta). Member terakhir yang terakhir bergabung ialah Kim Dong Wan yang telah melihat video latihan grup itu dan memutuskan untuk bergabung.

Ketika merilis album pertama Eusha Eusha pada tahun 1998 Shinhwa kurang mendapat sambutan public karena imej cute dianggap terlalu kekanak-kanakan. Baru setelah album kedua Twinkle of Paradise dirilis pada musim semi 1999 Shinhwa berhasil masuk ke dalam peta k-pop yang ketat akan persaingan karena sambutan luar biasa public. Album ketiga Only One juga menuai sukses dan mencetak penjulan tinggi. Basis fans yang dinamakan shinhwa changjo juga semakin melebar. Konser pertama Mithology Concert Tour yang diadakan awal tahun 2001 juga sukses berat, tak lama berselang shinhwa merilis album keempat Hey Come On

Namun pada tahun 2003, Shinhwa memutuskan tidak meneruskan kontrak dengan SM.Ent dan berpindah ke manajemen baru Good! Entertainment pada bulan juli 2003. Karena kontak dengan Good! Dimulai januari 2004. selang waktu itu, para member memutuskan untuk bersolo karir. Eric Mun debut di dunia akting dengan membintangi Firebird, Andy & Junjin berakting di Nonstop4, Kim Dong Wan debut layar lebar Spin Kick. Sementara itu Lee Min Woo merilis album solo Un-touch-able. Sedangkan Shin Hye Sung selain merilis album solo Love of May juga membentuk Grup S bersama Kang Ta dan Lee Ji Hoon . dimana grup ini sempat mengisi dan mengaransemen OST. April Snow yang dibintangi oleh Bae Yong Jun dan Son Ye Jin.

Credit: asianplus edisi 173 th 2006
Shared by mycolorisland
Take out with full credits

Leave Your Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s